About

Gambaran Umum Tentang UPT Puskesmas Asembagus

Keadaan Geografis
Puskesmas Asembagus berada di Kecamatan Asembagus yang merupakan salah satu dari 17 kecamatan di kabupaten Situbondo yang letaknya berada di bagian timur kabupaten Situbondo. Puskesmas Asembagus terletak di posisi antara 7º35’ – 7º44’ Lintang Selatan dan 113º30’ – 114º42’ Bujur Timur dengan batas wilayah sebagai berikut :

Sebelah utara : Kecamatan Jangkar dan Selat Madura
Sebelah timur : Kecamatan Banyuputih
Sebelah selatan : Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi
Sebelah barat : Kecamatan Jangkar dan Kecamatan Arjasa

Sumber : BPS Situbondo

Luas kecamatan Asembagus adalah 118,74 km² atau 163.850 Ha, dan bentuknya memanjang dari utara ke selatan. Kecamatan Asembagus terbagi menjadi 10 desa, yakni desa Mojosari, Kertosari, Kedunglo, Bantal, Awar-awar, Perante, Trigonco, Asembagus, Gudang dan Wringin Anom. Desa Mojosari memiliki wilayah terluas dibandingkan desa-desa lainnya, yakni 20,46 Km², sedangkan yang memiliki luas paling kecil adalah desa Gudang dengan luas wilayah 1,61 Km².

Kecamatan Asembagus merupakan daerah dataran rendah dengan ketinggian 0-25 meter dari permukaan laut. Satu-satunya desa yang mempunyai pantai / laut terletak sebelah utara, yakni Desa Wringin Anom. Temperatur daerah ini lebih kurang diantara 24º – 32ºC dengan rata – rata curah hujan sebesar 823 mm per tahunnya sehingga daerah ini tergolong daerah kering.

Wilayah Administrasi
Wilayah administrasi Kecamatan Asembagus terbagi menjadi :

Desa / kelurahan : 10 Desa
Dusun / lingkungan : 36 Dusun
Rukun warga : 69 RW
Rukun tetangga : 198 RT
Jumlah dusun terbanyak berada di desa Wringin Anom, yaitu sebanyak 7 dusun dan yang paling sedikit di desa Awar-awar, yaitu hanya memiliki 2 dusun.

Kependudukan
Data kependudukan merupakan salah satu data pokok yang sangat diperlukan dalam perencanaan dan evaluasi pembanguna karena penduduk selain merupakan obyek juga merupakan subyek pembangunan.

Jumlah penduduk kecamatan Asembagus pada tahun 2020 mencapai 50.184 jiwa terdiri dari 24.526 laki-laki dan 25.658 perempuan.

Dari jumlah penduduk tersebar di 10 desa di kecamatan Asembagus, jumlah penduduk terbanyak adalah desa Asembagus (7238.01 jiwa), sedangkan desa dengan penduduk terkecil adalah desa Mojosari (3693.34 jiwa).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *