Alur Pelayanan SEHATI

TATA CARA MENDAPATKAN PELAYANAN DAN PENERBITAN REKOM PEMBIAYAAN PELAYANAN KESEHATAN DALAM PROGRAM SEHATI

  1. Tata cara mendapatkan pelayanan kesehatan di FKTP (Puskesmas)

    1.Sasaran datang ke FKTP dan jaringannya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan indikasi medis;   

    2.FKTP mengecek data kepesertaan JKN dalam aplikasi P-Care dan data DTKS sasaran melalui aplikasi pencarian data penerima bantuan sosial (dtks.kemensos.go.id); atau Excel DTKS dari Dinas Sosial

    3.Apabila pasien masuk dalam data DTKS dilakukan Print ID DTKS dan ART DTKS;

    4.Apabila pasien tidak terdaftar sebagai peserta JKN maka dilakukan cetak luaran dari aplikasi P-Care;

    5.Apabila ada kendala dalam pengecekan kepesertaan JKN dalam aplikasi P-Care sasaran diarahkan ke BPJS Kesehatan untuk mengkonfirmasi kepesertaannya dalam Program JKN;

    6.Apabila berdasar pengecekan P-Care sasaran terdaftar sebagai peserta JKN dan kepesertaan aktif namun tidak memiliki Kartu KIS maka peserta diarahkan ke BPJS Kesehatan untuk mencetak Kartu KIS;

    7.Apabila dalam pengecekan di Kantor BPJS Kesehatan ditemukan ketidaksesuaian susunan keluarga atau lainnya (Nama, NIK, domisili dll) maka BPJS membuat surat Keterangan Tidak Terdaftar sebagai Peserta JKN KIS;

    8.Cetak Kartu dilakukan dengan membawa KTP-el dan KK dan dilakukan dalam waktu maksimal 3 (tiga) hari kerja;

    9.Kartu KIS diserahkan ke ruangan tempat pasien dirawat/bagian administrasi yang menangani paling lama 3 (tiga) hari kerja;

    10.Sasaran dilayani sebagai peserta JKN dan pelayanan di klaim ke BPJS Kesehatan;

    11.Apabila sasaran tidak terdata dalam DTKS sebagaimana dimaksud pada angka 2 maka sasaran mengurus suket DTKS dengan membawa surat pengantar dari Desa/Kelurahan;

    12.Untuk kasus rawat inap dilakukan pengambilan  dokumentasi keluarga pasien sebagai kelengkapan berkas klaim.

    13.Bagi pasien yang tidak memiliki dokumen administrasi kependudukan/data kosong/data bermasalah, wajib melakukan pengurusan administrasi kependudukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    14.Sasaran yang tidak memiliki dokumen adminduk (KTP-el dan KK) sebagaimana dimaksud  pada angka 13 dan membutuhkan penanganan kasus kegawatdaruratan, tetap mendapatkan pelayanan kesehatan ke fasilitas kesehatan tempat pasien dirawat dan berkas adminduk disampaikan paling lambat 7 (Tujuh) hari kerja setelah pasien dirawat;

    15.Sasaran yang karena pertimbangan kompetensi sarana prasarana dan SDM Kesehatan di FKTP tidak terpenuhi maka dilakukan rujukan ke FKTL dengan dibuatkan surat rujukan.